Pages

Sabtu, 17 Maret 2012

binatang yang kehilangan 'kebinatangannya'

well sebenarnya saya ingin membuat postingan di malam minggu, tapi ternyata ini sudah minggu dini hari rupanya. :) oke, anggap saja ini masih sabtu malam minggu. :p

seharusnya malam ini menjadi malam yang penuh semangat mengingat besok tidak ada aktifitas yang disebut kuliah. :D
tapi yang terjadi malah saya mengalami semacam trance, kondisi antara sadar dan tidak. malas ngapa-ngapain, malas keluar, dan bahkan malas untuk tidur pula. karena itu lah saya menolak ajakan teman-teman untuk pergi ke Cak Nun (Ma'iyahan tiap tgl 17) dan tidak tertarik pula dengan ajakan karaokean. malam ini saya ingin sibuk tidak ngapa-ngapain alias do nothing. hhh... tidak produktif bgt ya, hahaha.

mungkin ini efek samping akibat aktifitas seharian yang melelahkan.

pergi ke kebun binatang. (*_*) tepatnya ke kebun binatang gembira loka jogja.

percaya atau tidak, tiga tahun lebih tinggal di jogja, baru kali ini saya bertandang ke markas para satwa itu. itu pun di luar rencana, mendadak. ckckkck.

ceritanya, siang tadi saya memutuskan pergi ke sekretariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII Komsat Gadjah Mada), karena di kontrakan sepi, garing. tidak ada makhluk selain saya (eh, mungkin ada makhluk lain? #celingak-celinguk).

sampai di sekre pmii, ternyata keadaannya tidak jauh beda. memang ada tanda-tanda kehidupan, tapi saya hanya mendapati kang shilah dan tyan. saya pun menonton tivi sambil menikmati makan siang yang merangkap sarapan, ketika datang teman saya, Happy. Mahasiswi jurusan Hama dan Penyakit Tanaman itu mengajak saya ikut pergi ke kebun binatang gembira loka. PMII Rayon Agro Gadjah Mada sedang mengadakan acara jalan-jalan, tujuannya Kebun Binatang Gembira Loka.
saya berpikir sejenak. dan yang ada di kepala saya adalah gajah, harimau, orang utan (standart banget :p).
oke, ini ajakan yg lumayan menarik. mengingat fakta bahwa sampai detik itu saya sama sekali belum pernah berkunjung ke kebun binatang.
hei, bukannya setiap jaman TK selalu ada rekreasi, dan salah satunya ke kebun binatang?
oke, tapi saya tidak pernah mengenyam bangku TK.


jadi saya pun menerima ajakan itu. saya mengajak si tyan dan happy mengajak si niswah.
kami pun berangkat ke TKP dengan motor. para anggota rayon agro lainnya rupanya sudah tiba di TKP lebih dulu.


gustiari, niswah, abid, ida, luluk, popon, tyan, deta, roman, hassan, dan happy (yg motret)
yeah, akhirnya sampai juga saya di kebun binatang.
oke, mungkin ini tampak udik, ini adalah kali pertama saya menginjakkan kaki di kebun binatang dan usia saya sudah kepala dua.
eh, kemana saja saya selama ini? hahah.

di area parkir saya mendapati bus-bus rombongan siswa-siswi TK. Siswa-siswi TK yang bisa jadi baru pertama kali ke tempat ini [seperti saya :'( ]

okeeeeeeeeeeee,,,
kami pun berkeliling. selama berjam-jam.
mendapati berbagai spesies fauna. mulai dari mamalia, aves, amphibi, reptil, dan ikan.

selain fakta bahwa itu adalah kali pertama saya melihat hewan2 secara live (selama ini saya hanya melihat ayam, kucing, dan kambing. ahhaha), saya mendapati satu hal. hewan-hewan dalam kebun binatang itu hmmm,,, tampak aneh menurut saya

ya, aneh. menurut saya binatang-binatang itu telah kehilangan 'kebinatangan' mereka. mereka seperti telah dicuci otak untuk bersikap dan berperilaku layaknya benda tontonan. dan itu membuat saya melihat tak lebih dari lukisan-lukisan yang bergerak. itu saja. tidak ada taste 'kebinatangan' mereka.


[kalo gak salah nih ikan namanya red water melon?
outlooknya memang fresh kayak water melon :D
nyari di selokan mataram ada gak ya? :p]
[siluman harimau putih sdg galau gara2 jomblo]

           















kemudian saya merenung, hal semacam ini juga bisa dialami oleh manusia. jika binatang-binatang itu telah kehilangan 'kebinatangan' mereka, pun demikian dengan manusia. ya, manusia pun tanpa sadar bisa berhenti menjadi manusia.
seperti binatang-binatang yang ada di gembira loka itu, yang telah berhenti menjadi binatang, menurut saya.

kemudian saya bertanya pada diri saya sendiri,
apakah saya tetap menjadi manusia. manusia yang memanusiakan diri sendiri dan memanusiakan manusia lainnya?
atu jangan-jangan saya adalah manusia yang telah berhenti menjadi manusia?
                                                                                                         

naga sedang memangsa abid sang ketua pmii rayon agro
burung maleo. telurnya bisa memenuhi dua telapak
tangan orang dewasa (ngebayangin gimana kalo dijadiin nasi telor :p)

oke,,, terlepas dari kebingungan-kebingungan saya seputar kebinatangan dan kemanusiaan, agenda jalan-jalan ke Kebun Binatang Gembira Loka tadi itu cukup berhasil me-refresh otak saya.
senang rasanya berkumpul dengan teman2 dari rayon agro (walau saya bukan dari agro alias intruder dan cuma saya yg angkatan 2009 #merasa sepuh -______-).
terima kasih untuk sahabat/i agro semuanya.
hari yg menyenangkan, walau harus diakhiri dengan bergelantungan di dalam TransJogja yg penuh sesak selama hampir satu jam. :p

sukses untuk pmii rayon agro gadjah mada!
semangat sahabat/i agro! :D

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar